CHEVROLET CRUZE

CHEVROLET CRUZE
CRUZE

Kamis, 25 Februari 2010

Beyond All Sedan


Kendaraan yang memiliki tagline 'Beyond All Sedan' ini, di atas kertas memiliki sederet fitur yang tak dimiliki sedan sekelasnya. Kendaraan ini mulai dikembangkan pada 2004 dan Cruze adalah kendaraan GM pertama yang dikembangkan secara global.

Menurut Product Planning Manager GMAI Harry Yanto, kendaraan ini dirancang berdasarkan masukan dari seluruh cabang GM di seluruh dunia. Ia muncul pertama kali ke hadapan publik pada tahun 2007 setelah tiga kali mengalami penyempurnaan.

Alhasil jadilah Cruze dengan sosok yang nampak gagah dan futuristik dilihat dari depan. Dari bagian sampingnya memiliki gaya sedan coupe, menjadikan Cruze lebih aerodinamis. Lingkar roda yang besar, membuat kendaraan ini sangat mengakomodir pemakaian velek yang lebih besar. Standarnya ia menggunakan velek 16 inci dengan ukuran ban 205/60.

Lampu bagian depan memiliki desain cantik dengan sudut lancip dibagian atas seperti sebuah mata anak panah dan berkilau laksana permata, begitu pula dengan desain lampu bagian belakangnya.

Kaca spionnya memiliki warna senada dengan cat bodi, dapat dilipat secara elektris dan dilengkapi sistem pemanas untuk mencegah pengembunan di saat hujan.

Menyusup ke bagian interiornya, kita akan disuguhi dengan tampilan dasbor bergaya dual cockpit, gaya yang nantinya akan menjadi bahasa desain produk-produk GM yang akan datang. Nampak lebih futuristis dan harmonis.

Harry mengatakan bahwa Cruze yang akan dihadirkan di Indonesia memiliki interior two-tone, hitam dan merah bata. Bagian instrumen cluster dihiasi ornamen chrome dengan nuansa cahaya ice blue.

Komponen setirnya, memiliki pengaturan fleksibel, bisa naik-turun dan mundur-maju. Kaca spion dalam yang secara aktif mengubah posisi ke mode silau saat sensornya terkena cahaya berlebihan dari kendaraan di belakangnya.

Chevrolet Cruze juga dibekali dengan fitur keselamatan pasif lengkap. Minimal, Cruze dilengkapi dengan dual airbags dan masih bisa dilengkapi hingga 6 sesuai pesanan. Bagian pintu memiliki pelindung tambahan side impact beam, sementara sabuk keselamatannya dilengkapi dengan pre-tensioner di bagian depannya.

Fitur keselamatan aktifnya pun tak kalah lengkap. Perangkat rem memiliki fitur ABS, EBD dan HBA (panic brake assist). Electronic Stability Program (ESP) dan Traction Control System (TCS) sudah menjadi kelengkapan standar pada Cruze.

Jadi, wajar saja ia dianugerahi 5 bintang oleh berbagai lembaga New Car Assessment Program (NCAP) yaitu Euro-NCAP, Australasia-NCAP dan China-NCAP.

Lebih jauh Harry menjelaskan bahwa setiap produk GM ke depan akan memiliki kunci yang dapat dilipat seperti yang dimiliki pada mobil-mobil mewah. Selain alarm, dilengkapi juga dengan immobilizer dan parking sensor 4 titik. Untuk mencegah cedera kaki saat tabrakan frontal, kendaraan ini dilengkapi juga dengan collapsible pedal.

Kendaraan ini tidak hanya aman bagi pengemudi dan penumpangnya, namun juga aman bagi pejalan kaki karena bagian moncongnya didesain agar mampu meminimalisir cedera saat menabrak pejalan kaki.

Meski kelihatan kompak, kendaraan ini mampu menampung 3-4 tas golf di bagasinya. Untuk mengangkut barang berukuran panjang, sandaran jok belakang dapat dilipat menciptakan akses antara kabin dan ruang bagasi.

Sejatinya Cruze tersedia dalam 4 pilihan jenis mesin 4 silinder. Mesin bensin terdiri dari 1.600 cc dan 1.800 cc DCVVTT (Double Continuosly Variable Valve Timing Technology) - DCVCP (Double Continuous Variable Cam Phasing). Kemudian mesin 1.400 cc Turbocharged dan bensin empat silinder 2.400 cc dengan Variable Valve Timing dan Direct Injection รข€“ Spark Ignition Direct Injection (SIDI) dan yang terakhir mesin diesel 2.000 cc Turbocharged dengan teknologi Common Rail Injection.

Namun dari keempat pilihan mesin tersebut GMAI pertama-tama akan memperkenalkan dan memasarkan Chevrolet Cruze di Indonesia dengan mesin bensin berkapasitas 1.800 cc dengan pilihan transmisi manual 5 kecepatan dan otomatis 6 kecepatan dengan GM Tiptronic.


Tidak ada komentar: