CHEVROLET CRUZE

CHEVROLET CRUZE
CRUZE

Sabtu, 06 Maret 2010

Desain Global Cruze

Anda tak perlu membuang energi untuk memperdebatkan desain Chevrolet Cruze. Lihat saja bagaimana perbedaan sedan ini dengan rival-rivalnya. Toyota Corolla, Honda Civic, Ford Focus dan Hyundai Elantra seperti menjadi mahluk asing yang mengelilingi Cruze. Meskipun sebenarnya mereka adalah para pemain dalam lapangan yang sama.

Ketika muncul di pertama kali di Paris Motor Show 2008, Cruze langsung memancing animo besar para jurnalis. Mereka berlomba-lomba mengkliam Cruze sebagai senjata baru GM yang siap menghunus pesaing dari Jepang. Setidaknya, 59 jurnalis otomotif di dunia telah menobatkan Cruze sebagai salah satu dari 10 mobil terbaik sejagad (World car of The Year).

“Menjadi finalis di World Car of The Year menegaskan kecemerlangan momentum Chevrolet Cruze di seluruh dunia. Lebih dari 125,000 pelanggan di Asia dan Eropa telah memiliki the all new Cruze,” ujar Jim Campbell, Chevrolet General manager menaggapi pandangan media.

Desain Global Cruze
Hampir semua media di dunia sepakat dengan desain Chverolet Cruze yang “good looks”. Tak ketinggalan, media di Indonesia juga ikut memuji penampilan Cruze ketika mereka diperkenankan melihatnya secara resmi pertama kali di Bogor, Jawa Barat.

Di India, media menyebut Cruze sebagai mobil berwajah ganteng dengan tatapan lampu yang mengisyaratkan kekuatan. Di China, Cruze diagungkan sebagai calon sedan legenda di abad modern karena penampilannya yang premium.

Sementara media di AS dan Eropa mengatakan Cruze memiliki gaya yang khas, interior lapang, struktur padat dan chassis kompeten.

Semua pernyataan media tersebut tentu ada alasannya. Dapurpacu.com juga merasakan hal itu ketika mencoba performa Cruze di Shanghai, China tahun lalu.

Secara menyeluruh desain Cruze memang menohok penampilan Corolla Altis terbaru. Bahkan Civic yang berhasil menggiring konsumen Corolla lewat desainnya yang sporty juga pantas waspada terhadap Cruze.

Eksterior
Cruze secara istimewa memiliki pijakan roda yang lebar, sumbu roda yang panjang, garis bodi beraksen otot kuat, serta penampilan premium. Berbasis compact notchback, Cruze juga menjadi sedan menengah terbesar di kelasnya, baik dalam skala panjang, lebar dan tinggi.

Para perancang Cruze di bawah kendali Taewan Kim telah berhasil melebur proporsi dinamis untuk sebuah sedan menengah. Kim dan timnya tak hanya sukses menembus revolusi desain, tapi juga filosofi baru sedan menengah secara keseluruhan. “Kami ingin mengambil langkah ke depan lebih jauh untuk melengkapi sebuah pemahaman baru,” kata Kim.

Dan faktanya, tim desain GM sanggup menuntaskan tugasnya. Mereka berhasil membuat sebuah genre baru sedan modern, di mana setiap orang yang baru melihatnya bisa langsung mengenali karakteristiknya yang agresif dan superior.

Bila Anda melihatnya secara penuh dari depan, Cruze tampak begitu lebar akibat fender roda yang menyembul ke samping. Pada sudut ini pula Anda bisa merasakan pahatan lampu depan lebar yang kuat, serta susunan grill dengan batang tunggal horizontal yang kokoh. Di tengah batang grill, Anda pun akan menemukan logo terbaru Chevrolet yang tampak lebih “masa depan”.

Di balik itu semua, ada satu keistimewaan lain akan tampak bila Anda mendekati kap mesin Cruze. Cobalah perhatikan permukaan di sepanjang tepian kap mesin. Ya, ini merupakan tekukan sulit (berbentuk “V”) yang telah dibuat tim desain Chevy untuk memantapkan karakter sportif.

Sekarang cobalah Anda perhatikan potongan belakangnya. Hal paling menonjol di sini tertuang pada desain lampu belakang yang dibuat besar. Lampu dua warna ini, merah dan bening, merambat hingga ke bodi samping

Masih di bagian belakang, Anda juga akan menemukan lis chrome garnish pada pintu bagasi lengkap dengan logo Chevy baru yang besar. Sementara bila pandangan Anda jatuhkan ke atas tap, akan tampak sebuah antenna yang menyerupai sirip hiu seperti milik BMW.

Dari sudut samping kemantapan Cruze sebagai sedan yang menawarkan aura agresif tergurat lewat struktur garis bodi. Masih dari posisi yang sama, Anda juga akan melihat sebuah alur desain yang merendah di depan, lalu mengembang ke atas di belakang. Desain stream line ini senilai dengan angka hambatan angin yang kecil, yaitu 0,31cd (coefficient of drag).

Interior
Seperti dimensi eksterior yang unggul, interior Chevy Cruze juga dibuat lebih lapang dari para pemain di kelasnya. Sangtak Choi yang mengepalai desain interior Cruze, mengatakan dirinya dan tim telah membuat interior Cruze begitu sportif dengan penekanan pada aspek rileks bagi setiap penumpang.

Tak cuma itu, Sangtak juga berhasil membangun sebuah harmonisasi kokpit dengan alur yang tegas dan unik. Tombol-tombol bergaya modern disusun sedemikian rupa apiknya pada center panel dashboard. Sementara tiga bulatan chrome instrument cluster yang memancarkan sinar biru tampak begitu dinamis dan sejuk dipandang.

Pendeknya, ketika melihat kabin Cruze, Anda tak akan menyangka bahwa Cruze adalah merek Chevrolet. Sungguh sebuah atmosfir baru yang sebelum ini hanya dapat dirasakan oleh konsumen GM yang membeli brand mewah Cadillac.

Di balik itu semua, hal yang pantas membuat para pembeli Cruze berbangga adalah tingkat akurasi pertemuan setiap panel di dalam interiornya. Jarak pertemuan antar panel dengan permukaan di pusat display, misalnya, tak lebih dari 1 mm. Sementara jarak antar panel seperti yang terlihat pada trim pintu tak lebih dari 5 mm.

Hal ini menunjukkan bahwa Chevrolet telah menemukan harapan atas selera dan kebanggaan konsumen sedan. Lebih jauh dari itu, Chevy juga menghadirkan komposisi material yang tepat antara vinyl, plastik dan fabric.

Bagasi? Anda pun tak perlu khawatir. Notchback bukan berarti sempit. Dua set tas golf bisa Anda masukkan sekaligus ke dalam bagasi Cruze.Bahkan untuk barang-barang yang lebih panjang, Anda hanya perlu menukuk bangku belakang yang berkomposisi 60:40.

Kemampuan Cruze mengubah dirinya menjadi sedan multi-fungsi ini tampaknya belajar banyak dari Chevrolet Zafira—Car of The Year MPV tujuh penumpang pertama di dunia yang mendesain bangku lipat untuk mendapat lantai datar (7 Seater Flex System). [dp]

Spesifikasi Dimensi Chevrolet Cruze
Panjang: 4.535 mm
Lebar: 1.796 mm
Tinggi: 1.480 mm
Sumbu roda: 2.685 mm
Lebar pijak roda depan: 1.544 mm
Lebar pijak roda belakang: 1.558 mm

Tidak ada komentar: